Tuesday, July 23, 2013

Efek Samping Minuman Bersoda Bisa Berakibat Gagal Ginjal

Minuman bersoda sering dinikmati oleh banyak orang , meminum minuman bersoda memang akan menghilangakn rasa haus serta tenggorokan terasa segar , namun tahukah anda bahwa efek jangka panjang dari minuman bersoda bisa menyebabkan penyakit kronis seperti Diabetes dan Gagal Ginjal. Menurut penelitian bahwa minuman bersoda bisa menyebabkan diabetes tapi seiring perkembangan zaman fakta menyebutkan kalau minuman bersoda bisa menyebabkan batu ginjal yang nantinya akan berakibat ke Gagal Ginjal

minuman bersoda
Efek Negatif Minuman Bersoda Bisa Berakibat Gagal Ginjal - Minuman bersoda mengandung asam fosfat yang tinggi, dimana asam fosfat nantinya akan membentuk batu pada Ginjal akibat sulitnya di reabsorsi/ di serap kembali oleh Ginjal untuk disaluran ke seluruh tubuh. Selain itu penelitihan juga menyebutkan kalau minuman bersoda menyerap kalsium yang ada di tulang sehingga meningkatkan resiko terkena Osteoporosis atau tulang keropos.

Sedikit cerita dari pengalaman teman saya yang praktek di salah satu rumah sakit umum di daerah Kabupaten Pati, ada seorang anak yang berumur 13 tahun yang bernama Tn X sudah terkena gagal ginjal kronik, hampir setiap minggu Tn X selalu melakukan cuci darah atau dialisis di rumah sakit tersebut. Saat di lakukan pengkajian /mencari data menyebutkan bahwa si Tn X setiap hari selalu meminum minuman bersoda dan makan mie instan, menurut nenek si tuan X bahwa Tn X tidak mau minum selain minuman bersoda dan pasien tersebut meminum hampir selalu 3 kali sehari.

 
Gagal ginjal merupakan sebuah penyakit yang sangat menakutkan dan apabila gagal ginjal bersifat kronik maka penderita akan terus melakukan tindakan cuci darah. Ginjal mempunyai fungsi mensekresi urin, mereabsorsi dan manyaring. Secasra definisi gagal ginjal kronik adalah progresif dan irreversible dimana kemapuan tubuh gagal untuk mempertahankan metabolisme dan keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga terjadi sindrom uremia. Tanda dan gejala seseorang yang menderita gagal ginjal kronik adalah sebagai berikut :
1. Kardiovaskuler/ jantung
-Hipertensi
-Pitting edema
-Edema periorbital
-Pembesaran vena leher
-Friction rub perikardial
2. Pulmoner/ Paru paru
-Krekel
-Nafas dangkal, Kusmaul
-Sputum kental dan liat
3. Gastrointestinal/ Pencernaan
-Anoreksia, mual dan muntah
-Perdarahan saluran pencernaan
-Ulserasi dan perdarahan pada mulut
-Konstipasi / diare
-Nafas berbau amonia
4. Muskuloskeletal / sistem otot dan tulang
-Kram otot
-Kehilangan kekuatan otot
-Fraktur tulang
-Foot drop
5. Integumen
-Warna kulit abu-abu mengkilat
-Kulit kering, bersisik
-Pruritus
-Ekimosis
-Kuku tipis dan rapuh
-Rambut tipis dan kasar
6. Reproduksi
-Amenore
-Atrofi testis

Semoga postingan di atas tentang Efek Negatif Minuman Bersoda Bisa Berakibat Gaggal Ginjal bisa membuat anda membatasi minuman bersoda, minum minuman bersoda boleh asalkan jangan berlebihan.