Wednesday, May 28, 2014

10 Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Manfaat Madu Untuk Kesehatan - Madu sejak lama sudah dikenal memiliki banyak manfaat seperti yang pernah di jelaskan oleh nabi Muhammad SAW. Apa sih itu madu ? Madu sendiri merupakan sebuah hasil karya dari binatang lebah dengan cara mengunyah berkali-kali agar dapat terjadi perubahan sakarida. Tujuan lebah membuat madu sendiri bermaksut untuk makanan simpanan dikala lebah tidak memiliki makanan.
Biasanya madu berwarna kuning jernih dan memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Madu bisa dikonsumsi langsung atau pun dicampur dengan banyak bahan lainya.

Kandungan yang terdapat pada madu dapat bermanfaat untuk kesehatan kita, maka dari banyak sekali produsen yang sekarang mencoba untuk menternakkan madu dan berikut adalah manfaat dari madu untuk kesehatan

1. Mencegah gangguan pencernaan
Penelitian terbaru menyebutkan bahwa madu dapat mengatasi gangguan pencernaan seperti gastroenteritis dan penyakit yang menyerang sistem pencernaan lainya.

2. Mencegah kanker dan penyakit jantung
kandungan dari madu seperti flavonoid dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko untuk terkenan beberapa penyakit mematikan seperti kanker dan jantung.

3. Menyembuhkan luka
Dalam sebuah studi Madu dapat kita aplikasikan menjadi salep untuk mengobati luka bakar atau lainya

4. Mengobati batuk dan iristasi tenggorokan
Dalam sebuah studi yang disebutkan dalam jurnal Pediatric mneyebutka bahwa madu dapat membantu mengobati batuk dan juga mengobati infeksi saluran pernafasan atas lainya

5. Anti Bakteri dan Anti Jamur

Ilmuan yang bernama Powell menyebutkan dalam jurnal penelitianya bahwa madu dapat membunuh bakteri tiga kali lebih efektif. Begitu juga dengan ilmuan yang bernama Peter Molan yang menyebutkan bahwa madu bermanfaat untuk membunuh bakteri karena lebah sudah menambahkan enzim yang membuat hidrogen peroksida.

6. Pengobatan luka diabetes
Dengan mnegoleskan madu ke luka penderita diabetes dapat membuat menjadi lebih baik begitu menurut dokter Jennifer Eddy dari Eau Claire.

7. Sumber energi
glukosa yang dapat diolah oleh tubuh menjaid baik memang dapat menghasilkan energi begitupun kandungan glukosa pada madu. Madu juga sering digunakan oleh atletic romawi kuno untuk meningkatkan kinerjanya.

8. Mengatur kadar gula darah
Kandungan gula dalam madu berbeda dengan kandungan gula yang terdapat pada gula putih dan pemanis buatan. Kombinasi antara fruktosa dan glukosa sebenarnya dapat membantu tubuh untuk mengatur gula darah.

9. probiotik
Beberapa varietas madu memiliki sejumlah besar bakteri ramah . Ini termasuk sampai dengan 6 jenis laktobasilus dan bifido 4 spesies . Hal ini mungkin menjelaskan banyak " sifat terapeutik misterius madu . "

10. Memperindah kulit
Selain memiliki manfaat kesehatan madu juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, madu terbukti dapat menghaluskan kulit kita yang kasar dengan perpaduan bahan lain.


Baca Juga :
Makanan sehat penambah darah
Cara mengobati sakit gigi secara alami
Model jilbab terbaru

begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari madu, maka kita tidak heran jika sekarang banyak yang mencoba berternak lebah penghasil madu. Selain itu madu juga biasa di gunakan untuk bahan para produsen minuman. berikut adalah postingan saya mengenai manfaat madu utnuk kesehatan dan semoga dapat bermanfaat untuk anda.
Tags :