Saturday, July 5, 2014

Makanan sehat untuk ibu hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil - Menjalani masa kehamilan merupakan suatu kebahagiaan bagi seorang wanita. Namun kadang banyak wanita hamil yang merasa takut dan deg degan dengan sebuah kehamilan yang dijalani apalagi yang baru mengalami kehamilan yang pertama kalinya. Saat hamil tentunya yang diharapkan adalah calon buah hati bsai lahir dengan sehat. Untuk menjadikan calon bayi kita lahir sehat maka anda membutuhkan makanan yang berizi untuk anda dan juga bayi anda.

Tahap Kehamilan
Masa kehamilan biasanya di bagi menjadi tiga tahap yaitu trimester 1, trimester 2 dan trimester 3. Pada trimester pertama tubuh anda akan mengalami penyesuaian sehingga pada trimester pertama ini seringkali ibu merasa mual dan muntah. Pada trimester kedua ini pertumbuhan janin anda semakin pesat sehingga anda membutuhkan makanan yang bergizi. Berat badan anda bisa tambah 12 kg pada trisemester kedua ini. Pada trisemester ketiga maka anda membutuhkan makanan untuk mendukung pertumbuhan dari janin yang semakin pesat maka anda harus memperbanyak konsumsi buah dan sayur. 

Makanan yang sehat untuk ibu hamil
Makanan yang sehat akan menghasilkan janin yang sehat, makanan berizi tidak hanya di perlukan untuk pertumbuhan bayi tapi juga untuk kesehatan anda. Berikut adalah makanan yang sehat untuk ibu hamil :

Telur
Satu butir telur mengandung banyak zat bergizi untuk kesehatan bayi dan juga kesehatan ibu hamil. Ahli diet menyebutkan bahwa dalam satu telur terdapat 90 kalori, lebih dari 12 vitamin dan mineral. Selain itu telur juga mengandung protein yang berkualitas yang penting untuk kehamilan anda. Beberapa kandungan telur seperti kolin dan omega 3 juga sangat bermanfaat untuk kehamilan anda. 

Ikan salmon
Ikan salmon merupakan sumber besar untuk Omega 3, dimana omega 3 ini sangat bermanfaat untuk pertumbuhan otak dan mata bayi anda. Namun selain mengandung omega 3, ikan salon juag mengandung cukup protein dan vitamin b. Namun dalam mengkonsumsi ikon salmon sebaiknya tidak labih dari 12ons per minggunya dimana karena untuk menghindari anda terlalu banyak mengkonsumsi makanana yang mengandung merkuri yang berbahaya untuk syaraf janin.

Kacang-kacangan
Beberapa kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang putih, kacang hitam, kacang kedelai sangat baik untuk diet ibu hamil. Anda bisa membuat beberapa kacang-kacangan menjadi sayur atau anda juga bisa memakanya secara langsung. Kandunga zat gizi yang terdapat dalam kacang-kacangan di antaranya sebagai berikut protein, serat,  zat besi, folat, kalsium, dan seng.

Ubi jalar
Ubi jalar yang bisa kita temukan di pasar ini memiliki banyak kandungan zat bergizi yang bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin seperti, karotenoid, vitamin C, folat, dan serat. Anda bisa mengkonsumsi ubi jalar sebagai camilan seperti ceriping.

Biji-bijian
Beberapa biji-bijian seperti gandung, jagung dan lainya memiliki kandungan zat gizi yang penting untuk ibu hamil dan janin karena biji bijian ini mengandung karbohidrat penting, tinggi serat, protein, vitamin e, selenium, fitonutrien zat besi dan masih banyak lagi. Anda bisa mengkonsumsi bijian ketika sarapan atau hanya menjadikanya sebagai camilan. Selain itu produk biji-bijian ini sering kali dijadikan sebagai tepung atau produk olahan lainya.

Kenari
Salah satu sumber omega 3 selain ikan salmon adalah kacang kenari ini. Selain mengandung omega 3 yang penting untuk pertumbuhan bayi, kcang kenari ini juga mengandung yang baik dan juga serat.

Yogurt Yunani
Yogurt yunani ini memiliki dua kali lipat dari yogurt biasa sehingga cocok untuk kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan janin. Selain protein yang tinggi yogurt yunani ini juga mengandung kalsium yang di butuhkan untuk pertumbuhan tulang bayi.

Sayuran
Berbagai jenis sayuran seperti Bayam, kangkung, lobak, dan sayuran berdaun hijau lainnya yang kaya akan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting untuk pertumbuhan janin. Selain itu beberapa sayuran bagu untuk kesehatan mata janin.

Daging tanpa lemak
Daging adalah sumber protein yang tinggi, namun konsumsilah daging yang memiliki lemak sedikit. Selain lemak yang sedikit konsumsilah daging yang bersih dan segar.

Buah
Buah merupakan salah satu sumber dari banyak zat bergizi yang sangat di perlukan untuk pertumbuhan janin dan kesehatan anda, maka perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan.

Susu dan produk susu
Susu dan produk susu merupakan sumber dari kalsium dan protein yang tentunya penting untuk pertumbuhan bayi anda. 
Di saat anda hamil maka anda harus mengkonsumsi makanan yang lebih dari biasanya karena anda juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi janin anda. Selain beberapa makanan di atas maka anda juga harus banyak meminum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh ibu hamil dan sang janin. Sekian postingan saya mengenai makanan sehat untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.
Sumber www.babycenter.com, www.mayoclinic.org dan www.webmd.com