Thursday, April 2, 2015

99 Makanan yang mengandung kalsium


makanan yang mengandung kalsium
Makanan yang mengandung kalsium - Kalsium merupakan salah satu zat mineral yang memiliki beberapa manfaat untuk kesehetan anda seperti mencegah osteoporosis, membantu pertumbuhan tulang, menjaga kondisi pembuluh darah bahkan dapat mengantur tekanan darah. Beberapa manfaat kalsium yang begitu banyak memang membuat kalsium sangat di perlukan oleh tubuh kita yang dapat kita temukan melaui banyak makanan.
Namun perlu anda tahu bahwa kebutuhan kalsium untuk tubuh kita berbeda-beda tergantung usianya. Pada usia 4-8 tahun maka kebutuhan kalsiumnya 800mg pada usia 9-18 tahun kebutuhan kalsium meningkat 1300mg. Sedangkan itu setelah mencapai usia 19-50 tahun maka kebutuhan kalsiumnya hanya 1000 mg dan setelah 51 tahun maka kebutuhan kalsium kembali meningkat di angka 1200 mg. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :

Namun ingat bahwa mengkonsumsi kalsium tidak boleh berlebihan setiap harinya karena justru akan mengakibatkan beberapa masalah untuk kesehatan anda. Batas mengkonsumsi kalsium per harinya 2000 untuk usia 4-8 tahun dan 19-50 tahun, sedangkan untuk usia 9-18 tahun dan di atas 51 tahun maka batas mengkonsumsi perharinya adalah 2500 mg.

Makanan Yang Mengandung Kalsium

Beberapa makanan yang biasa kita makan setiap harinya tanpa kita sadari juga mengandung zat kalsium. Berikut adalah rincian selengkapnya makanan yang mengandung kalsium.

Kacang Putih
Kacang putih ini dalam satu cangkir mengandung 191mg kalsium dan bila dalam 100 gram kacang putih ini mengandung 442 mg kalsium. Kacang jenis ini seringkali kita temukan di pasar ataupun toko terdekat.

Ikan Salmon
Ikan salmon ini memiliki kandungan sebesar 232 mg dalam satu kalengnya. Selain mendapatkan kalsium anda juga akan mendapatkan omega 3 yang merupakan zat berguna untuk tubuh.

Ikan Sarden
Ikan sarden memiliki kandungan kalsium sekitar 321 mg dalam satu kaleng. Kandungan lain yang terdapat dalam ikan sarden adalah omega 3 dan vitamin d.Selain anda mendapatkanya ikan sarden kemasan anda juga bisa membelinya di pasar ikan terdekat.

Buah Kering
Kandungan yang terdapat dalam buah kering sekitar 107 mg. Selain kalsium buah kering juga mengandung antioksidan dan serat.

Kubis Cina
Selain merupakan sumber dari vitamin A dan C, Kubis Cina ini ternyata mengandung kalsium sebesar 74 mg dalam 1 cangkir dan serat.

Kol
sayuran yang seringkali kita makan ini memiliki kandungan kalsium sebesar 188 mg dalam 2 gelas kol mentah. Anda bisa membuat kol menjadi sayuran atau hanya menjadikanya lalapan makan.

Kacang Almond
Kacang almond mengandung sekitar 72 mg dalam 1/4 mangkuk. Kacang almond ini merupakan kacang yang kaya akan zat gizi di antara kacang lainya. Selain kalsium kacang almond ini juga mengandung kalium, vitamin e dan zat besi.

Jeruk
Buah yang dikenal banyak orang yang kaya akan vitamin c ini ternyata juga mengandung kalsium. Sekitar 65 mg kalsium terdapat dalam satu buah jeruk sedang.

Lobak
Sayuran yang berwarna hijau ini memiliki sekitar 197 mg dalam satu mangkuk yang sudah di masak. Selain kalsium sayuran lobak juga mengandung antioksidan dan asam folat.

Rumput laut
Rumput laut yang sering kita jadikan isi minuman minuman segar ini ternyata juga mengandung kalsium. Kalsium yang terkandung dalam 1 mangkuk mentah adalah sebesar 126 mg. Selain kalsium, penghuni laut ini juga mengandung serat dan yodium.

Biji Wijen
Kalsium yang terkandung dalam 1 sendok makan biji wijen terdaoat 88 mg kalsium. Selain mendapatkan kalsium, mengkonsumsi biji wijen juga dapat membantu anda dalam menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan.

Oatmeal
Janganlah ragu untuk mengkonsumsi oatmeal karena dalam satu mangkuk oatmeal mengandung sekitar 187 mg itu akan memenui 16 samapi 19 persen dari kebutuhan tubuh anda.

Susu Kedelai
Susu yang di olah dari kedelai ini merupakan minuman yang kaya akan kalsium, dalam satu mangkuk terdapat sekitar 300 mg. Ketika mengkonsumsi susu kedelai anda juga mendapatkan banyak protein.

Tafu
Tofu ini kaya sekali akan kalsium, dalam setengah mangkuk tofu saja sudah terdapat 861 mg kalsium. Itu sudah lebih dar setengah kebutuhan kalsium harian anda.

Yogurt
Makanan hasil olahan susu ini memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Dalam 8 ons yogurt maka anda akan mendapatkan 43 persen dari kebutuhan tubuh anda.

Brokoli
Jenis sayuran yang memiliki bentuk seperti rambut kribo ini memiliki kandungan kalsium yang melimpah. Namun selain kalsium anda juga akann mendapatkan vitamin c dan serat.

Bagaimana ? banyak kan makanan yang banyak mengandung kalsium. Selain beberapa makanan di atas anda juga bisa memenuhi kebutuhan kalisum anda lewat susu, buah pepaya dan masih banyak lagi, untuk selngkapnya lihat gambar di bawah ini :

Baca Juga :
Bagimana lebih banyak sumber kalsium yang anda dapatkan selain yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Namun perlu di ingat dalam mengkonsumsi kalsium jangan berlebihan sesuailah dengan batasnya seperti tulisan yang ada di paragraf ketiga. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium anda, anda tinggal menentukan kebutuhan kalsium harian anda lalu memilih makanan di atas (yang dalam bentuk tabel maupun tulisan) lalu menjumlahkannya. Sekian postingan saya mengenai makanan yang mengandung kalsium semoga bermanfaat. Sumber : eatdrinkpaleo.com.au, www.dietitians.ca, greatist.com dan webmd.com
Tags :