Friday, October 17, 2014

14 Cara merawat rambut agar tetap sehat dan indah

Cara merawat rambut agar tetap sehat dan indah - Rambut merupakan bagian anggota tubuh yang penting untuk manusia. Karena rambut merupakan salah satu penunjang penampilan seseorang untuk terlihat lebih menarik. Namun untuk memiliki rambut yang indah dan sehat anda diharuskan untuk merawat rambut secara teratur karena banyak masalah yang akan di hadapi oleh rambut anda seperti bercabang, mudah rontok, kusam dan lain sebagainya. Dengan perawatan yang benar maka rambut anda akan tetap tampil cantik dan indah. 


Dalam merawat rambut ada berbagai cara yang bisa anda lakukan dengan mudah tanpa harus kesalon dan bisa anda terapkan di rumah anda sendiri. Dengan membuat bahan atau cara sendiri di rumah tentunya anda akan lebih menghemat biaya ketimbang ke salon. Maka untuk itu saya akan memberikan informasi kepada anda mengenai cara merawat rambut agar tetap indah.

Tips cara merawat rambut agar tetap sehat dan indah

Menggunakan Telur
Jika Anda memiliki rambut kering atau rapuh maka anda bisa  menggunakan putih telur untuk melembabkan rambut Anda yaitu dengan cara mengoleskan rambut anda dengan telur dalam keadaan rambut anda basah. Lalu biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin. Memang cara menggunakan telur terlihat menjijikkan tapi sangat bermanfaat untuk rambut anda.

Hindari air panas
Jika rambut anda terkena terkena air panas maka akan membuat rambut anda kering dan mudah rapuh maka lebih baik anda menggunakan air yang hanya sedikit hangat agar rambut anda tidak rusak.

Nutrisi yang baik
Minum banyak air dan makan makanan sehat dari buah-buahan dan sayuran akan membuat rambut anda lebih sehat. Perawatan rambut di rumah yang paling efektif adalah dengan nutrisi anda yang tercukupi. Anda adalah apa yang Anda makan, dan apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda akan tercermin di luar.

Mengatasi rambut kusam dengan jus lemon.
Salah satu cara untuk merawat rambut kusam yaitu dengan menggunakan jus lemon. Cukup anda oleskan perasan lemon atau jeruk nipis ke rambut anda. Lalu biarkan beberapa waktu dan yang terakhir tinggal anda bilas menggunakan air.

Menggunakan kondisioner + madu
Untuk membuat anda lebih berkilau anda bisa menggunakan kondisioner anda dengan madu 2-3 cendok makan. Cara penggunaanya yaitu dengan mencampur madu dan kondisioner anda lalu mengoleskan ke rambut anda dalam keadaan basah secara merata. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air.

Cuci rambut anda 2-3 kali sehari
Mencuci rambut anda akan menghilangkan berbagai kotoran yang ada pada rambut anda namun janganlah terlalu sering mencuci rambut karena akan berakibat buruk pada rambut anda. Cucilah hanya 2-3 kali sehari. Bila terlalu sering mencuci rambut maka akan membuatnya mudah kering.

Biarkan rambut anda kering secara sendirinya
Bila anda sedang mencuci rambut anda maka biarkan kering secara sendirinya. Jika anda seringkali mengeringkan rambut dengan dengan hot roller itu akan membuat rambut anda mudah rapuh dan kering. Jika anda terburu buru gunakan lah hair dryer namun kanganlah terlalu sering.

Jangan mengikat rambut anada terlalu ketat
Dengan mengikat rambut anda terlalu ketat maka akan membuat rambut anda mudah rapuh.

Memotong rambut dengan teratur
Setidaknya anda memotong rambut anda setiap enam minggu sekali untuk menghilangkan rambut yang kering dan berbcabang.

Jangan menyisir saat rambut basah
Dalam keadaan kondisi rambut anda basah maka akan membuat rambut anda tiga kali lebih lemah sehingga ketika anda sisir akan membuat rambut anda mudah rapuh. Sebaiknya anda mengeringkan terlebih dahulu menggunakan handuk.

Menjaga kebersihan rambut anda
Dengan rambut anda yang selalu bersih tentunya membuatnya bersih dari ketombe ataupun gatal pada kulit kepala.

Menggunakan campuran telur dan yogurt
Anda bisa membuat kondisiner sendiri ndegn menggunakan telur dan yogurt. Caranya yaitu dengan mencampur keduanya lalu oleskan ke ke kulit kepala anda. Biarkan selama 1o menit kemudian anda bilas dengan air bersih.

Minyak almond untuk rambut yang lebih kuat
Dengan menggunakan minyak almond akan membuat masalah rambut seperti rambut keringd an rusak akan teratasi. Cara menggunakanya yaitu dengan mengoleksn minyak almond secara rata lalu biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan ir bersih.

Menggunakan perlindungan sebelum berenang
Kolam renang bisa membuat rambut anda rusak akibat bahan kimia yang digunakan pada kolam renang. Sebelum anda berenang sebaiknya anda menggunakan kondisioner terlebih dahulu.

Baca Juga :
Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami
Cara memutihkan wajah secara alami

Bagaimana dengan cara di atas mudah bukan untuk anda terapkan di rumah. Dengan melakukan berbagai cara merawat rambut di atas maka anda akan menghemat biaya anda. Karena dengan perawatan di atas anda tidak perlu selalu pergi kesalon. Insyaallah dengan menerapkan cara di atas maka akan membuat rambut anda lebih sehat dan terlihat indah. Nah sekian dulu ya informasi saya mengenenai cara merawat rambut agar tetap indah dan sehat  semoga bermanfaat.